UPM FKIP UNS – Unit Penjaminan Mutu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UPM FKIP UNS) menyelenggarakan Workshop Penguatan Pemahaman Instrumen LAMDIK 2.0 dan Pendampingan Penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) & Data Kuantitatif Program Studi (DKPS) pada Selasa, 7 Oktober 2025 pukul 13.00 WIB hingga selesai, bertempat di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung F FKIP UNS. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat pemahaman sivitas akademika terhadap instrumen akreditasi terbaru yang dikeluarkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK), serta memberikan pendampingan teknis bagi program studi dalam penyusunan LED dan DKPS. Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta memperoleh bekal pengetahuan yang memadai terkait prinsip, struktur, dan aspek penilaian dalam Instrumen Akreditasi LAMDIK 2.0, sekaligus memahami langkah-langkah sistematis dalam penyusunan dokumen akreditasi yang berkualitas. Workshop ini juga menjadi bagian dari upaya berkelanjutan FKIP UNS untuk meningkatkan kesiapan program studi dalam menghadapi proses akreditasi, khususnya bagi prodi yang akan melakukan reakreditasi pada tahun 2026.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP UNS, Dr. Imam Sujadi, M.Si., yang dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi dan kesamaan persepsi antarunit kerja dalam memastikan mutu akreditasi program studi dapat terus meningkat sesuai standar nasional dan internasional. Workshop ini turut dihadiri oleh jajaran dekanat, Ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM) FKIP UNS beserta para Wakil Ketua Bidang, seluruh Asesor Internal, serta Tim Task Force dari berbagai program studi yang masa akreditasinya berakhir pada tahun 2026 dan sedang mempersiapkan penyusunan LED serta DKPS. Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd., Guru Besar FKIP UNS, yang memberikan pemaparan komprehensif mengenai strategi penyusunan dokumen akreditasi berbasis LAMDIK 2.0 serta praktik penyusunan LED dan DKPS yang efektif. Melalui diskusi interaktif dan pendampingan langsung, peserta memperoleh panduan praktis dan pemahaman mendalam yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas dokumen akreditasi program studi di lingkungan FKIP UNS.

No responses yet